Aksi Berbahaya Witan Sulaeman di Laga Debutnya

By ommed


nusakini.com - Pemain timnas Indonesia, Witan Sulaeman diyakini bakal memuaskan pelatih Lechia Gdansk menyusul debut impresifnya, menurut jurnalis setempat.

Witan Sulaeman langsung melakoni debutnya bersama Lechia Gdansk, selang 4 hari sejak diumumkan. Pemain kelahiran Palu, Sulawesi Tengah itu bermain dalam laga persahabatan kontra klub kasta keempat Polandia, Jeziorak Ilawa, Sabtu (4/9/2021) malam.


Witan Sulaeman mengawali laga dari bangku cadangan. Ia baru masuk pada menit ke-73, menggantikan Kacper Sezonienko. Saat Witan masuk, Lechia sudah unggul 2-0 melalui gol yang dicetak oleh Flavio Paixao dan Joseph Ceesay.

Bermain selama kurang lebih 21 menit, Witan cukup berkontribusi dalam membangun serangan bersama pemain Lechia Gdansk lainnya.


Beberapa kali eks pilar FK Radnik Surdulica itu menciptakan peluang di area kotak penalti lawan. Witan nyaris saja mencetak gol setelah lolos dari jebakan offside saat mengejar umpan terobosan dari rekannya. Sayang, kiper Jeziorak lebih dekat dengan bola dan berhasil menggagalkan upaya Witan Sulaeman.


Lechia sendiri berhasil menambah satu gol lagi lewat Joseph Ceesay pada menit ke-83. Skor 3-0 menutup laga persahabatan tersebut.

Salah satu jurnalis untuk Podcast Lechia, Slawomir Lapinski yakin jika aksi-aksi Witan di laga debutnya bakal menyenangkan sang pelatih, Tomasz Kaczmarek.

"Setelah Witan Sulaeman bermain, seluruh aksi berbahayanya yang dilakukan sepanjang pertandingan. Pelatih Kaczmarek akan senang dengan debut pemain muda ini," tulisnya di twitter.


Laga melawan Jeziorak Ilawa juga merupakan debut tak resmi pelatih baru Lechia Gdansk, Tomasz Kaczmarek. Kaczmarek merupakan eks asisten pelatih Pogon Szczecinyang diresmikan sebagai pelatih baru Lechia menggantikan Piotr Stokowiec per 1 September 2021.

Berbicara pasca-laga, pelatih berusia 26 tahun itu sangat optimistis melihat permainan anak asuhnya.

"Selalu senang untuk menang, khususnya mencatatkan cleanshee," ujar Kaczmarek dikutip dari Radio Gdansk.


"Saya menilai seluruh pekan ini secara positif, saya punya kesempatan untuk bertemu para pemain, dan kini bisa memimpin pertandingan. Hari ini saya menyaksikan banyak hal, secara keseluruhan sangat positif," tambahnya.


Sementara itu, soal Witan Sulaeman, Kaczmarek sudah lebih dulu berkomentar saat pertama kali datang.

"Witan Sulaeman menarik perhatian saya di latihan. Dia bisa berposisi di kanan dan kiri, juga sebagai gelandang serang," ujar Tomasz Kaczmarek.

"Witan bisa jadi tambahan kekuatan buat kami. Saya tahu skillnya dan kami berharap ia bisa berguna di pertandingan selanjutnya," tambahnya. (bs/om)